Fiyo CMS

Mengenal Fiyo CMS

Fiyo CMS adalah salah satu dari ratusan Content Management System yang ada di internet. Content Management System atau dalam bahasa Indonesia disebut Sistem Manajemen Konten (disingkat CMS), adalah software yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten)

Contoh lain CMS seperti Joomla, Wrodpress, Blogspot dan masih banyak lagi.

Sejarah Fiyo CMS

Fiyo CMS di kembangkan dan dibuat pertama kali oleh seorang pelajar SMK yang pada saat itu bersekolah di SMK 10 Semarang jurusan RPL. Pada zaman itu namanya bukan Fiyo CMS melainkan Sirion yang merupakan akronim dari Site Administration.

Oh iya lupa menyebutkan nama pembuatnya nih, namanya adalah First Ryan. Dia sangat suka sekali dengan ‘makanan’ yang berbau website. Apalagi jika ada lomba di daerahnya, yaitu kota Semarang. Setiap kali ada lomba web design atau membuat website hampir 95% di pasti ada didalamnya. Dan hasilnya tidak begitu mengecewakan. Dari lomba yang pernah di ikutinya, hanya 2 kali dia gagal merebut piala dan hadiahnya.

Dia sendiri mengikuti lomba bukan karena hadiahnya, melainkan ingin mengukur kemampuannya.Sejauh manakah dia dapat bersaing diantara web-desiner seumuranya.

Oke, lanjut lagi ke permasalahan Sirion. pada awal pengembangan Sirion tampak begitu mudah dan cepat sekali dengan berbagai fiturnya dari mulai pengolahan konten menggunakan editor WYSIYG, sampai pengembangan plugin-nya. Sirion sendiri memang tidak di publish kedunia luar, karena memang hanya untuk kalangan sendiri selain belum lengkap fiturnya.

Setelah hampir satu tahun menggunakan Sirion, akhirnya ada keinginan untuk mengganti nama. Lantaran nama Sirion sudah di pakai nama mobil, hahaha. Setelah itu First Ryan mencari berbagai alternatif nama yang mudah diingat dan singkat melalui whois-domain. Ketemulah fiyo.org yang belum memiliki pemilik. Langsung saja domain tersebut dibelinya sebagai nama CMS baru yang akan dikembangkan.

Usut punya usut, pada awal pembuatan Fiyo CMS (setelah ganti nama) si pembuat tidak mau meneruskan pengambanganya terhadap Fiyo CMS sebelum dia mendapatkan nama baru yang cocok, hehehe. Aneh juga ya, padahal cuman gara-gara nama.

Si pembuat sendiri sudah tresno banget sama yang namanya Joomla. Semua website yang telah dibuatnya untuk client, atau untuk dia sendiri hampir 90% menggunakan Joomla. Maka tak heran bila Fiyo CMS sendiri mirip sedikit-sedikit dengan CMS yang sangat Powerfull itu.

Mudah di gunakan ( User friendly )

Fiyo CMS dirancang untuk memudahkan user dalam mengelola dan mendapatkan informasi yang ada di dalam website.

Mudah Dikembangkan

Struktur dan bahasa yang dipakai mudah untuk dipahami dan dikembangkan menjadi sebuah AddOn baru.

Sistem Keamanan Handal

Sistem yang tertata dan terpusat, ditambah AdminPanel yang fleksibel membuat website jauh lebih aman.

source bisa di download di : http://www.fiyo.org/download

About the Author

2 thoughts on “Fiyo CMS

  1. Jefry Dewangga - 19 May 2015 at 20:39

    Wah CMS buatan dalam negeri ya, semoga kedepannya banyak pemuda Indonesia membuat CMS yang tak kalah bersaing dengan CMS buatan asing. Atau mungkin mereka bisa membuat tim untuk bekerja sama membuat CMS yang tak terkalahkan. 🙂

  2. nak belog - 15 July 2015 at 18:51

    bisa membuat CMS sendiri, hebat

Leave a Reply