Membuat log per hari dengan logrotate – postfix

tahapan nya :

1. login ke server ( ssh )
2. jenis scripts yg di gunakan :

/var/log/maillog {
daily
rotate 31
start 1
compress
create 0600 root
dateext
postrotate
/etc/init.d/postfix reload > /dev/null
endscript

atau

/var/log/maillog {
missingok
notifempty
size 100M
daily
create 0600 root root
rotate 35
dateext
copytruncate
}
3. tambahkan script di atas di :

/etc/logrotate.conf

4. buat juga file berikut :

nano /etc/logrotate.d/maillog

isi kan script file di atas.

5. restart service

service postfix restart

6. nanti akan terlihat ada file log /hari di /var/log/

Google Rayakan Ulang Tahun ke 16

Jakarta – Ada yang berbeda saat membuka Google. Desain Google diubah menjadi bertema ulang tahun. Siapa yang berulang tahun? Ternyata ya Google sendiri.

Google didirikan oleh duet Sergey Brin dan Larry Page 16 tahun lampau, tepatnya pada September 1998. Sebenarnya tanggal kelahiran Google masih menjadi perdebatan. Tapi yang sudah jelas, di ulang tahunnya yang ke 16 ini, Google makin meraksasa.

Berawal dari mesin cari sederhana, Google kini merambah banyak bidang bisnis. Seperti sistem operasi Android yang saat ini dominan digunakan di smartphone, adalah produk Google.

Statusnya sebagai perusahaan raksasa juga bisa dilihat dari pendapatannya yang luar biasa. Sebagai gambaran, pendapatan Google di tahun 2013 mencapai USD 59,8 miliar.

Google saat dilahirkan dahulu dioperasikan pertama kali dari garasi rumah wanita bernama Susan Wojcicki di Menlo Park, California. Pada bulan September 1998, Susan menyewakan garasinya pada Sergey Brin dan Larry Page untuk dipakai menjadi kantor Google.

Masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Stanford, Page dan Brin memang belum bisa menyewa kantor yang layak untuk Google. Sehingga mereka menyewa garasi milik Susan senilai USD 1.700 per bulan.

Kini Larry Page dan Sergey Brin tinggal menikmati hasil kerja keras mereka dan punya kekayaan melimpah ruah. Lalu bagaimana dengan Susan? Ia diberi jabatan Vice President Google.

Selamat ulang tahun, Google!

Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/09/27/154122/2703109/398/google-rayakan-ulang-tahun-ke-16?i992203105

Petisi ‘Cegah Kiamat Internet’ Tembus 7.000 Dukungan

Jakarta – Petisi online yang digagas Onno W. Purbo disambut antusias pengguna internet. Terbukti, dalam waktu singkat, ombak dukungan yang datang sudah melebihi 7.000 tandatangan.

Saat ditengok detikINET, Jumat (26/9/2014) pagi, petisi yang dibuat di situs change.org itu tepatnya sudah meraup angka 7.071 dukungan. Dan kemungkinan besar, dukungan yang masuk masih bakal bertambah.

Gerakan ini sendiri merupakan bentuk dukungan Onno dan penggiat internet Indonesia terhadap vonis yang diterima mantan Direktur Utama IM2 Indar Atmanto.

Indar dinyatakan bersalah atas kasus tuduhan korupsi pengadaan jaringan 2,1 GHz/3G PT Indosat dan divonis 8 tahun penjara. Ia kemudian dipaksa masuk ke LP Sukamiskin setelah upaya kasasinya ditolak MA dan kemudian dieksekusi Kejaksaan Agung (Kejagung).

Selain vonis penjara, Indar juga harus membayar denda Rp 300 juta subsider kurungan 6 bulan. Dalam putusan kasasi, MA juga menghukum IM2 untuk membayar uang pengganti Rp 1.358.343.346.670. Kejagung selaku eksekutor juga memerintahkan IM2 untuk membayar uang pengganti tersebut.

Dalam petisi tersebut, Onno berpendapat bahwa tidak ada keharusan sebuah Internet Service Provider (ISP) untuk memiliki ijin frekuensi 3G. Sebuah ISP dapat menyewa, secara sah, bandwidth ke operator 3G tanpa perlu ijin frekuensi 3G.

“Jadi pola bisnis IM2 maupun 300+ ISP lain di Indonesia sesuai dengan UU Telekomunikasi maupun praktek usaha telekomunikasi yang ada. Tidak ada hukum yang dilanggar apalagi melakukan tindak pidana korupsi,” tegas Onno.

“IM2 hanya sebuah ISP dan menyewa bandwidth secara legal ke Indosat, tidak melakukan tindakan korupsi apapun dan tidak perlu mempunyai ijin frekeunsi 3G”.

“Akibat dari keputusan MA yang tidak sesuai dengan UU/Pola Bisnis Telekomunikasi ini, maka 300+ Pimpinan ISP Indonesia terancam hukum pidana. Yang lebih menyedihkan lagi, industri/infrastruktur internet di Indonesia akan terancam harus shutdown/dimatikan karena sebagian besar melanggar hukum!” Onno menandaskan dalam petisinya.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/09/26/075414/2701772/328/petisi-cegah-kiamat-internet-tembus-7000-dukungan?i991101105

Asyik… BBM-an Kini Juga Bisa Lewat PC

London – Kesan ekslusif BlackBerry perlahan mulai hilang. Sejak dibuka lintas platform ke iOS, Android, dan terakhir Windows Phone, kini pengguna bisa mengakses BlackBerry Messenger (BBM) dari platform mana saja, termasuk lewat PC.

Ekslusivitas itu pun akhirnya luntur sejak ?BlackBerry memperkenalkan aplikasi bernama BlackBerry Blend. Dengan fitur ini, semua hal yang tadinya cuma bisa dilakukan di BlackBerry kini bisa dilakukan di mana saja melalui berbagai perangkat.

Dalam demo yang disaksikan langsung oleh detikINET di London, Inggris, Rabu (24/9/2014), dengan fitur BlackBerry Blend ini kita juga bisa chatting dengan BBM melalui PC desktop.

Bukan itu saja, dengan BlackBerry Blend, kita juga bisa mengakses email, SMS, dan bahkan agenda kalender. Sehingga berbagi informasi sudah bisa dilakukan tanpa mesti terhubung langsung dengan perangkat BlackBerry.

Aplikasi ini berjalan di PC, baik laptop maupun desktop, serta tablet, dengan sistem operasi Windows, Mac, iOS dan Android. Dan bisa digunakan bagi pengguna BlackBerry dengan sistem Operasi BlackBerry 10.

SUmber : http://inet.detik.com/read/2014/09/24/215810/2700316/317/asyik-bbm-an-kini-juga-bisa-lewat-pc?i992202105