Aplikasi Gmail di Android Mudah Dibobol

Jakarta – Bila selama ini Anda merasa aplikasi Gmail di smartphone aman. Coba pikirkan kembali. Pasalnya, sejumlah ahli keamanan menemukan celah yang mudah dieksploitasi.

Para peneliti dari Universita Michigan dan California membeberkan bagaimana mudahnya menerobos secara ilegal ke aplikasi Gmail dengan tingkat keberhasilan mencapai 92%,

Para peneliti dari Amerika Serikat itu menunjukan di Konferensi Cybersecurity di San Francisco dengan menyamarkan perangkat aplikasi lunak yang telah disisipi. Sampai kemudian mereka mendapatkan akses penuh ke Gmail.

Aplikasi yang disusupi pun boleh dibilang banyak yang mengira tidak berbahaya, seperti wallpaper dan melalui celah di memori smartphone.

Pihak penguji melakukan aksinya dengan menggunakan ponsel Android. Namun hal ini dapat dilakukan di smartphone dengan sistem operasi lainnya.

“Kami menujukan asumsi bahwa aplikasi satu tidak akan menganggu dengan yang lainnya adalah salah. Dan mengakibatkan konsekuensi berbahaya bagi pengguna,” kata Asisten Profesor University of California Zhiyun Qian, yang detikINET kutip dari BBC, Minggu (24/8/2014).

Google pun mengetahui mengenai rentannya masalah tersebut dan menyambutnya dengan postif. “Penelitian pihak ketiga adalah salah satu cara agar Android tetap kuat.” kata Juru Bicara Google.

SUmber : http://inet.detik.com/read/2014/08/24/173000/2671042/323/aplikasi-gmail-di-android-mudah-dibobol