Hacker Beberkan Cara Curi Mobil

Jakarta – Zaman semakin maju begitu pula para pencuri mobil. Mereka tidak lagi menggunakan banyak alat ataupun kekerasan. Dengan beberapa perangkat yang bisa dibeli secara murah di internet, mobil kesayangan pun bisa hilang.

Seperti kita ketahui, sebuah kendaraan sebenarnya sebuah komputer berjalan, ada komputer yang mengatur fungsi mobil, mulai dari membuka pintu, mengatur asupan bensin dan lainnya.

Memang tidak mudah untuk menjebol sistem keamanan mobil, karena masing-masing memiliki kode-kode masing-masing dan juga bahasa pemrograman yang berbeda-beda pula.

Namun tidak jarang para hacker berusaha untuk menjebol sistem keamanan mobil agar mereka bisa meminta pabrikan mobil berbuat yang lebih baik lagi dalam melindungi mobil.

Nah, dalam episode terbaru dari Motherboard “Phreaked Out” membeberkan kerentanan keamanan mobil dengan sistem komputerisasi.

Mereka mendemonstrasikan tentang bagaimana rentannya mobil baru terhadap pencuri dalam video berdurasi 12 menit 15 detik.

Dalam demonstrasi itu menunjukkan kelemahan pada sistem mobil itu sendiri. Para pencuri mengandalkan ECU (Engine Control Unit) untuk melemahkan mobil dan membuatnya berfungsi secara abnormal.

Mereka terlihat sangat mudah mencuri mobil. Dengan sekejap, mobil langsung ‘tunduk’ dan mengikuti perintah hacker.

Hacker bisa merusak sistem komputer mobil lewat ECU. Dia bisa membuka dan mengunci pintu mobil, menyalakan dan menghidupkan mesin, hingga membunyikan klakson. Mobil pun bisa maju mundur lewat seperangkat alat laptop. Canggih bukan!

Kondisi ini tentu harus diwaspadai oleh para pemilik mobil. Sebaliknya produsen mobil harus menciptakan sistem keamanan mumpuni untuk menghindari kerugian konsumen. Pasalnya pencuri mobil sudah sangat canggih.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/06/11/171347/2605503/323/hacker-beberkan-cara-curi-mobil?i992202105