Cara Terbaik meningkatkan SEO website

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, suatu teknik agar website yang kita buat mudah ditemukan melalui search engine seperti Google, bing , yahoo dan yang lain nya. dan menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. hal ini sangat penting apalagi jika kita berbisnis online , agar bisa meningkatkan visitor yang datang dan melihat produk produk yang kita jual lewat website yang kita punya, baik self website , wordpress , joomla, prestashop dan yang lain nya.

berikut beberapa cara meningkatkan SEO untuk website kita .

1. Update Artikel Setiap Hari

Selalu meng-update artikel adalah pekerjaan wajib sebagai blogger/admin misalnya, dan tentunya artikel tersebut adalah artikel yang sangat memiliki nilai pikat yang tinggi. Tidak usah terlalu banyak menulis artikel akan tetapi cukup satu atau dua saja yang diupdate, asal itu adalah artikel yang fresh dan memang sedang dicari-cari orang (masih hangat dibicarakan oleh media). Tujuannya adalah agar situs  tetap terlihat hidup.

2. Submit Artikel ke Sosial Bookmark

Alat promosi yang memang sangat ampuh adalah submit artikel ke berbagai sosial bookmark. Banyak sosial bookmark yang tersedia di internet, misalnya Lintas.me,Infogue.com,Antarblog.com dan masih banyak lagi yang lainnya. jika kalian beruntung dan masuk dalam jajaran 10 Top Hits, maka kalian akan cepat kebanjiran banyak pengunjung.

Read More »

RSS Feed Plugins untuk WordPress

RSS sendiri adalah salah satu bentuk dari Web Syndication RSS singkatan dari “Really Simple Syndication” Versi dari RSS: 0.91, 0.92 dan 2.0, Fungsi dari Web Syndication adalah memberikan Feed/makanan kepada Search Engine dimana Feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita. Sehingga dapat meningkatkan SEO dari website kita.

Beberapa Plugin RSS Feed untuk WordPress :

1. Ozh’ Better Feed
Memungkinkan Anda untuk menambahkan apa saja yang Anda inginkan ke RSS feed seperti links, ads, copyright information dan yang lain nya .

download : http://planetozh.com/blog/my-projects/wordpress-plugin-better-feed-rss/

2. RSS Footer
Memungkinkan anda untuk memasukkan copyright information dan back link ke postingan asli anda untuk mengirim pesan kepada rss.

downlaod : http://yoast.com/wordpress/rss-footer/

3. RSS Includes Pages
Memungkinkan Anda untuk menyertakan halaman dan bukan hanya posting di RSS feed

download : http://www.mariosalexandrou.com/blog/?p=423

4. RSSupplement
Memungkinkan Anda untuk menambahkan sejumlah hal yang berbeda untuk link komentar feed Anda termasuk, link bookmark sosial dan banyak lagi.

download : http://wayofthegeek.org/downloads/

5. Simple Feed Copyright
Menambahkan pemberitahuan copyright sederhana ke bagian bawah setiap entri di RSS feed dengan back link ke blog Anda.

download : http://www.quickonlinetips.com/archives/simple-feed-copyright-wordpress-plugin/

Read More »

Plugin Multi Language untuk WordPress

Untuk menampilkan aplikasi translate pada blog anda, selain dengan menyisipkan script pada blog anda ada cara yang gampang i yaitu dengan dengan menggunakan plugin.

Tinggal install dan konfigurasi anda tidak perlu pintar atau tau script atau bahasa program yang mungkin membuat pusing.

Dibawah ini beberapa Plugin WordPress untuk Translate dan multi language :

1. Multy language plugin qtranslate
Tersedia banyak pilihan bahasa , anda bisa menggunakan bahasa yang di ingin kan

Download di : http://wordpress.org/extend/plugins/qtranslate/

2. Translate Plugin WordPress

Tersedia banyak pilihan bahasa, tinggal anda install dan bisa di gunakan.

Download di : http://downloads.wordpress.org/plugin/translate.1.2.zip

3. Global Translator Plugin WordPress

Global Translator ini bisa menerjemahkan kedalam sekitar 48 bahasa lainnya., seperti : Italian, Korean, Chinese (Simplified), Portuguese, English, German, French, Spanish, Japanese, Arabic, Russian, Greek, Dutch, Bulgarian, Czech, Croatian, Danish, Finnish, Hindi, Polish, Romanian, Swedish, Norwegian, Catalan, Filipino, Hebrew, Indonesian, Latvian, Lithuanian, Serbian, Slovak, Slovenian, Ukrainian, Vietnamese,Albanian,Estonian,Galician,Maltese,Thai,Turkish,Hungarian.

Download di : http://downloads.wordpress.org/plugin/global-translator.1.3.2.zip

4. Google AJAX Translation

Google AJAX Translation plugin ini dapat ditempatkan dibawah atau diatas artikel blog anda, pages, atau comment, saat tombol translate diklik maka akan tampil sebuah popup windows untuk memilih bahasa yang anda inginkan, tersedia sekitar 52 bahasa yang berbeda.

Download di : http://downloads.wordpress.org/plugin/google-ajax-translation.0.6.0.zip

5. Translate This Button

Translate This Button  plugin ini berbasis javascript, dan akan ditempatkan sebagai widget dan bisa anda tempatkan pada sidebar blog anda, tersedia sekitar 52 bahasa berbeda.

Download di :http://downloads.wordpress.org/plugin/translate-this-button.zip

6. WP Translate Plugin

WP Translate Plugin ini akan terinstall sebagai widget sehingga dengan mudah anda dapat menerjemahkan blog, tersedia banyak bahasa yang berbeda.

Download di : http://downloads.wordpress.org/plugin/translate-wp.1.0.4.zip

Linux server Vs Windows server

Sebelum kita memilih Operasi Sistem ( OS ) untuk server kita ada baik nya kita melihat kebutuhan, biaya dan waktu untuk membuat server yang akan kita gunakan baik untuk keperluan perusahaan atau keperluan pribadi. Biasanya Server yang di bangun adalah server linux dan server windows, disini saya akan menjelaskan beberapa perbandingan antara ke dua server tersebut :

1. Stability

Sistem Linux sangat terkenal karena kemampuannya yang bisa berjalan selama bertahun-tahun tanpa kegagalan; pada kenyataannya, banyak pengguna Linux belum pernah melihat crash dalam sistemnya. Itu sangat bagus untuk pengguna , tapi hal ini penting terutama untuk usaha kecil dan menengah, untuk downtime yang dapat memiliki konsekuensi. Linux juga dapat menangani sejumlah besar proses yang dapat berjalan sekaligus, hal ini jauh lebih baik dari windows.

Kemudian kebutuhan untuk reboot. Pada Windows perubahan konfigurasi biasanya membutuhkan reboot menyebabkan downtime yang tak terelakkan, umumnya anda tidak perlu me-restart Linux. Hampir semua perubahan konfigurasi Linux dapat dilakukan pada saat sistem berjalan dan tidak perlu merestart server nya.

2.Security

Untuk keamanan nya Linux lebih secure atau aman daripada windows karena linux dibangun berbasis Unix, didesain dari awal untuk menjadi sistem operasi multiuser. Hanya administrator, atau root user, yang memiliki hak akses administratif, serta lebih sedikit pengguna dan aplikasi yang memiliki izin untuk mengakses kernel atau satu sama lain. Linux juga sama bisa di serang oleh virus atau malware, tapi hal ini sangat cepat di perbaiki oleh developer dan User karena linux sifatnya adalah open source jadi bisa di kembangkan oleh siapa saja. Kemudian pengguna sistem Windows kadang-kadang dapat menyembunyikan file dari administrator sistem. sedangkan pada Linux, sys admin memiliki kendali dan kontrol penuh terhadap semua file .

3.Hardware

Windows biasanya memerlukan perangkat keras yang harus sering di upgrade untuk mengakomodasi tuntutan sumber daya, sedangkan sumber daya linux adalah slim, fleksibel dan terukur, dan itu support di komputer apapun, terlepas dari prosesor atau mesin arsitektur.Linux juga bisa dapat dengan mudah di reconfigured sehingga service – service yang dipakai bisa di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda, hal ini bisa mengurangi kinerja memori dan dapat meningkatkan kinerja server.

4.TCO / Biaya

Untuk biaya yang di gunakan untuk membuat server linux pasti lebih murah di bandingkan dengan membuat server windows, karena linux merupakan open source atau bisa di dapatkan dengan gratis, software-software nya pun gratis berbeda dengan windows dan software – software nya harus membeli lisensi sehingga biaya dapat membengkak, dipandang dari segi biaya linux lebih murah di bandingkan windows.

5. Freedom & Kepuasan

Linux bisa di kembangkan oleh siapa saja, bisa di custome dan bahkan bisa di rebuild disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda tidak ada pembatasan develop untuk linux, berbeda dengan windows yang memiliki vendor sendiri sehingga tidak bisa di develop sesuka hati.

Tapi hal ini dikembalikan ke kebutuhan perusahaan , jika memang membutuhkan server windows untuk aplikasi pendukung perusahaan nya ya bagaimana lagi ,berarti server windows harus di buat. 🙂

semoga dapat membantu 🙂

Cara konfigurasi dan install dropbox

Cara konfigurasi dan install dropbox

Dropbox adalah layanan cloud untuk menyimpan berbagai file yang bisa di gunakan dengan gratis, dengan dropbox, kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat dikomputer kantor tanpa harus membawanya melalui flashdisk ke komputer rumah atau sebaliknya. Setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget yang memakai akun dropbox yang sama atau sudah tersinkronisasi. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu.

Cara Daftar akun Drop Box

  • pertama login ke blowser nya, kemudian ketikan https://www.dropbox.com/ lalu enter
  • kemudian pilih sign up
  • kemudian silahkan isi nama, e-mail , password dan agreement seperti gmbr berikut :

Dropbox

  • kemudian pilih sign up , ketika berhasil maka akan langsung di suruh untuk mendownload aplikasi drop box untuk pc nya.
  • Installasi Drop Box
  • open aplikasi drop box yang sudah di download

drop1

  • kemudian klik install
  • tunggu proses instalasinya sampai selesai

drop2

  • kemudian pilih yang I allredy have drop box account seperti gmbar berikut :

drop3

  • kemudian pilih Next
  • selanjut nya pilih 2 GB untuk yang free kalau mau yang bayar silahkan

drop4

  • pilih Next

drop5

  • pilih yang typical lalu install
  • selanjutnya next saja sampai finish
  • kemudian buka aplikasi dropbox yang telah di install
  • lalu masukkan e-mail serta password akun nya
  • dorp box sudah tersinkronisasi antara di PC kita dan di server cloud
  • Untuk mencobanya silahkan login ke http://www.dropbox.com/ dan login dengan akun yang sudah di buat

semoga dapat membantu 🙂